Yayasan Dharma Bangsa Mandiri

YDBM

Kekhusyuan Istighosah dan Doa Bersama Anak-anak Yatim di Yayasan Dharma Bangsa Mandiri, Cabang Losari Brebes Jawa Tengah

Assalamu’alaikum.
Alhamdulillah puji syukur kita kepada Allah SWT, yang mana kita semuanya selalu dilimpahkan karunia rizki yang sempurna, rizki sehat, rizki fisik dan raga kita semua senantiasa selalu di berikan keberkahan yang tidak terhingga nilainya. Aamiin

Puji syukur Yayasan Dharma Bangsa Mandiri sampai saat ini masih terus berbuat dan bergerak untuk kemaslahatan Ummat, pekerjaan sosial ini kami lakukan semata-mata untuk menjemput keberkahan serta keridhoan Allah SWT.

Untuk yang kesekian kalinya hari ini jum’at tanggal 06 Agustus 2021, Rumah Tahfidz YDBM (Rumah Mandirikan Bangsa YDBM cabang Brebes, Jawa Tengah) telah melangsungkan acara istighosah dan doa bersama dengan para anak-anak Yatim. Dalam kegiatan istighosah ini seperti biasa adik-adik yatim juga mendo’akan setiap hajat para donatur sebagai rasa terima kasih atas kedermawanannya karena telah berbagi sebagian rezekinya untuk kami.

Salah satu bentuk sosial seperti ini pastinya sangat membantu adik-adik yatim, terbantu dalam hal finansial, terbantu dalam hal kecukupan makanan, terbantu pendidikan dan lain sebagainya. Dengan adanya wadah Yayasan Dharma Bangsa Mandiri dan Para Sukarelawan, jelas sekali sangat terbantukan dalam segala program-program sosial kemanusiaan ini, menjadi bentuk rasa syukur kita yang kuat terhadap Allah SWT.
QS. An-Nisa Ayat 8 :
وَاِذَا حَضَرَ الۡقِسۡمَةَ اُولُوا الۡقُرۡبٰى وَالۡيَتٰمٰى وَالۡمَسٰكِيۡنُ فَارۡزُقُوۡهُمۡ مِّنۡهُ وَقُوۡلُوۡا لَهُمۡ قَوۡلًا مَّعۡرُوۡفًا
Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir beberapa kerabat, anak-anak yatim dan orang-orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu (sekedarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.

Banyak sekali keutamaan serta manfaat yang didapat dalam membantu anak yatim, anak yatim merupakan amanah yang Allah berikan kepada manusia yang berakal. Mereka diamanahkan untuk disantuni sebagaimana menyantuni diri sendiri dan keluarga.

Terdapat tiga keutamaan besar dalam menyantuni anak yatim, seperti yang dijelaskan pada hadis-hadis Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam :

– Pertama, Dekat dengan Rasulullah di surga, sedekat jari telunjuk dengan jari tengah.
Rasulullah Saw bersabda: “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy: 5304)
Barang siapa yang ingin bersama Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam di surga, santunilah anak yatim. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam menjanjikan surga bagi mereka dan jarak dengan beliau dekat sekali seperti halnya jari telujuk dengan jari tengah.
Ibnu Hajar Al-Asqalaniy Rahimahullah berkata: “Isyarat ini cukup untuk menegaskan kedekatan kedudukan pemberi santunan kepada anak yatim dan kedudukan Nabi, karena tidak ada jari yang memisahkan jari telunjuk dengan jari tengah.”

– Kedua, Dapat Melunakkan hati manusia yang keras.
Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” (HR. Al-Baniy, Shahi Al-Jami’, Abu Darda: 80)
Orang-orang yang menanggung anak yatim dan mengasihinya, maka Allah akan melembutkan hatinya dan mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Sebab orang yang mengasihi anak yatim, maka ia akan menjadi figur orang tua bagi mereka. Kasih sayang yang diberikan kepada anak yatim akan melembutkan hatinya. Kekerasan hati manusia bisa berasal dari akhlak yang buruk, seperti dengki, dusta, kikir dan sebagainya.

– Ketiga, Insya Allah, Kebutuhan hidup terpenuhi.
“Barang siapa yang meng-ikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” (HR. Al-Baniy, Shahih At Targhib, Malik Ibnu Harits: 1895)

Jika kita mempunyai kesempatan menyantuni anak yatim, jangan pernah sia-siakan. Tidak hanya jaminan surga di akhirat, Allah Ta’ala pun menjanjikan kepada orang yang menyantuni anak yatim akan terpenuhi semua kebutuhan hidupnya. Menyantuni anak yatim seperti berinfak di jalan Allah, maka Allah akan melipatgandakan harta hamba-Nya.

Sebaliknya orang yang memakan harta anak yatim, maka Allah akan memberikannya azab yang sangat pedih. Seperti dijelaskan dalam firman Allah Ta’ala :
“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zhalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (An-Nisa : 10)

Mari sekali lagi kita terus berbuat baik terhadap siapa saja, terhadap sesama dengan mengutamakan menjemput keridhoanNya Allah yang sangat besar, karena sangat disayangkan kalau kesempatan emas untuk mendapatkannya dilewatkan begitu saja.

Cara menyantuni yatim, berbuat baik untuk sesama, peduli terhadap lingkungan sekitar dan sebagainya di era modern seperti sekarang sangat mudah, bahkan, Bapak dan Ibu bisa melakukan donasi kepada yatim ataupun yatim piatu, warga dhuafa, anak-anak jalanan cukup dengan menggunakan smartphone, atau juga Solusi tepercaya untuk menyalurkan santunan untuk anak yatim dengan mudah, bisa Bapak dan Ibu lakukan lewat langsung transfer ke rekening Yayasan Dharma Bangsa Mandiri, Insya Allah kami akan membantu menyalurkan kembali kepada mereka yang membutuhkan.

Salurkan sedekah terbaik Bapak dan Ibu melalui rekening berikut a.n. Yayasan Dharma Bangsa Mandiri :
1️⃣ BANK MANDIRI : (008) 164-000-9321-003
2️⃣ BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) : (451) 713-0249-641
3️⃣ BCA : (014) 676-0407-150
4️⃣ BNI : (009) 789-321-0001
5️⃣ BRI : (002) 0329-01-004568-30-3

Yuk, berdonasi!
Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih juga kepada kepada para donatur setia yang selalu ikut berpartisipasi dalam setiap program-program sosial kami, semoga Bapak dan Ibu senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT, dilindungi dalam setiap langkah perjalanan, dijauhkan dari covid 19, dimudahkan segala urusannya dan selalu dirahmati Allah SWT. Aamiin.

Wassalamu’alaikum.


Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.