Yayasan Dharma Bangsa Mandiri

YDBM

Mari Berkenalan Dengan Zakat Infak Sedekah Wakaf

Zakat Infak Sedekah Wakaf (ziswaf) kata ini sering kita dengar tapi penempatannya bisa jadi masih belum banyak memahaminya. Ziswaf merupakan ajaran Islam sebagai usaha tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat dalam rangka memberantas kemiskinan. Sangat mulianya ibadah ini sampai Allah SWT mengganjarnya 700 kali lipat.

“Bahwa perumpamaan orang-orang yang menginfakkan harta mereka di jalan Allah SWT. Itu seperti satu biji yang tumbuh diperumpamakan tumbuh menjadi tujuh tangkai, dan di setiap tangkainya tumbuh 100 biji”. (Qs. Baqarah :261)

Zisfaw mempunyai tujuan yang sama yaitu pemberdayaan masyarakat prasejahtera (miskin) akan tetapi peran masing-masingnya berbeda.

ZAKAT

Zakat masuk ke dalam rukun islam yang ketiga, zakat bersifat wajib sesuai ayatnya:

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukulah beserta orang-orang yang ruku.” (QS. Al-Baqarah: 43)

Zakat adalah harta yang dikeluarkan ketika mencapai jumlah tertentu yang diatur sesuai aturan agama untuk diberikan kepada delapan asnaf yaitu fakir, miskin, amil, riqab (hamba sahaya), mualaf, gharim (orang yang terlilit utang), fisabilillah, dan ibnu sabil (orang yang sedang dalam perjalanan). Zakat terbagi 2 yaitu zakat jiwa (fitrah) dan zakat mal (Harta), zakat fitrah sebesar 2,5 kg beras ataupun makanan lokal setempat sedang zakat harta dihitung berdasarkan sumber penghasilan dan besar penghasilan. Nisab zakat maal: 85 gram emas dengan kadar zakat maal: 2,5%. Cara menghitung zakat maal: 2,5% x Jumlah harta bersih yang tersimpan selama 1 tahun.

INFAK

Infak bersifat sunah bagi muslim. Infak adalah harta atau kekayaan yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

“Dan infakkanlah/belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah.” (QS. Al-Baqarah: 195)

Infak memiliki arti yakni mengeluarkan sebagian harta atau kekayaan atau penghasilan yang kita miliki untuk menjalankan kepentingan yang diperintahkan dalam ajaran Islam (untuk kebaikan). Tidak ada ketentuan besaran untuk infak, namun dianjurkan beri yang terbaik di jalan Allah.

SEDEKAH

Berbeda dengan infak yang subjeknya hanya harta saja, Sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Bersifat sunah, tidak ada besarannya tapi tetap dianjurkan beri yang terbaik, bisa berbentuk uang, harta, makanan, minuman, senyum, menyingkirkan paku atau beling dijalan. Jadi perbedaan dengan infak jangkauan subjek sedekah lebih luas.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

WAKAF

Wakaf adalah amal jariyah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Wakaf artinya memberikan harta untuk kepentingan masyarakat banyak. Wakaf nilainya tidak boleh berkurang, tidak dapat diperjualbelikan, serta tidak dapat diwariskan. Pahala wakaf adalah pahala jariyah yang tidak terputus walaupun Pewakif(orang yang memberikan wakaf) sudah meninggal dunia. Wakaf tidak bersifat wajib tapi allah menganjurkannya.

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.” (QS. Ali ‘Imran Ayat 92)

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.